KB Masuk Kurikulum Sekolah

Posted: 10/08/2011 in Pendidikan
Tags: , , ,

 

Rencana Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) memasukkan materi Keluarga Berencana (KB) dalam kurikulum sekolah disambut baik Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi.

 

Kepala Disdik Rusdi menjelaskan, sebetulnya, materi KB sudah sejak lama masuk dalam kurikulum sekolah. Materinya, kata dia tercakup ke dalam pelajaran Biologi. Namun penjelasannya hanya sepintas dan tidak mendalam. Tapi menurutnya, porsi itu dipandang cukup untuk ukuran siswa SMP dan SMA sebagai pengetahuan awal.

โ€œKalau soal KB sudah ada sejak lama. Hanya saja materinya baru sampai ke pembatasan kelahiran, belum sampai mengenai jenis-jenis obat,โ€ jelas Rusdi. Menurut Rusdi pendidikan kesehatan reproduksi sudah tercakup ke dalam materi biologi yang dipelajari siswa selama ini. Namun jika Kemendiknas berencana memasukkan materi KB secara utuh, kata Rusdi tak jadi masalah.

โ€œItu semua tergantung dari kebijakan pusat kurikulum dan perbukuan. Sebab dinas hanya tataran pelaksana,โ€ imbuhnya.

Soal jam pelajaran, Rusdi berharap tidak perlu ada alokasi khusus untuk mata pelajaran KB. Menurutnya, sebaiknya materi KB diintegrasian dengan mata pelajaran yang berkaitan.

โ€œCukup digabungkan dengan materi yang searah, kalau di SMP dan SMA ya di mata pelajaran Biologi. Sementara untuk SD dimasukkan ke sains. Kalau harus dijadikan jam tersendiri akan repot mengatur waktunya,โ€ tukasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s