Jalur Undangan SNM PTN Terima 46 Ribu Mahasiswa

Posted: 16/05/2011 in Pendidikan

Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011, telah menetapkan hasil seleksi akhir jalur undangan. Dari total 233.912 pelamar, ditetapkan 46 ribuan calon mahasiswa lolos seleksi akhir. Mereka bisa gugur jika tidak regestrasi atau memilih jalur ujian tulis SNMPTN.

Rapat akhir penetapan mahasiswa yang lolos jalur undangan SNMPTN 2011 itu ditutup tadi malam (14/5) di Hotel Atlet Century Jakarta. Dalam evaluasi akhir, tercatat ada 8.227 sekolah yang merekomendasikan sisiwanya masuk jalur undangan SNMPTN 2011.

Total siswa yang direkomendasikan dari seluruh sekolah tersebut, mencapai 258.676 siswa. Tapi, yang benar-benar melamar 233.912 siswa. Penyusutan itu disebabkan siswa yang direkomendasikan sekolah, lebih memilih jalur ujian tulis SNMPTN 2011.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Musliar Kasim menjelaskan, dari rapat penentuan akhir tersebut, bisa dipetakan lima PTN penerima jalur undangan terbanyak. Posisi pertama diduduki Universitas Brawijaya, Malang. Calon mahasiswa jalur undangan yang diterima di kampus tersebut mencapai empat ribuan. Disusul selanjutnya Universitas Negeri Semarang dengan tiga ribuan pendaftar. Selanjutnya IPB dan UI sama-sama menerima calon mahasiswa jalur undangan dua ribuan. Di urutan kelima, ITB dengan jumlah calon mahasiswa jalur undangan 1.900-an orang.

Faktor utama dalam penentuan kelulusan jalur undangan tersebut, didominasi dari nilai rapor semester 1 hingga 5. Setelah dirangking berdasarkan nilai rapor, pertimbangan selanjutnya adalah pemerataan.

Misalnya, Fakultas Kedokteran UI tidak akan diisi seluruhnya oleh pelamar dari Jakarta, meskipun para pelamar itu menduduki posisi teratas. Panitia bisa mengisi pelamar dari daerah luar Jakarta. Faktor penentu selanjutnya adalah kelulusan Unas 2011.

Musliar menjelaskan, jumlah tadi masih belum final. Sebab, pelamar jalur undangan yang dinyatakan lolos, bisa jadi tidak lulus Ujian Nasional (Unas) 2011. “Angka tadi masih angka kasar. Bisa berkurang,” tandasnya. Untuk itu, panitia pusat SNMPTN 2011 baru akan melansir pengumuman nama-nama pada 18 Mei depan.

Panitia belum bisa mengumumkan saat ini, karena dikhawatirkan nama yang dinyatakan lolos jalur undangan ternyata tidak lulus unas. “Nama langsung kita hapus jika tidak lulus Unas,” tandasnya. Faktor pengurang lainnya, jelas rektor Universitas Andalas Padang itu, mahasiswa yang dinyatakan diterima jalur undangan tidak melakukan registrasi.

Panitia berpesan, seluruh pelamar jalur undangan yang dinyatakan lulus dan berminat dengan prodi yang ditentukan, supaya registrasi pada waktu yang ditentukan. Masa registrasi hanya dua hari, yakni 31 Mei dan 1 Juni. Jadwal tersebut bertepatan persis dengan pelaksanaan ujian tulis SNMPTN 2011. Pemilihan waktu tersebut, tandas Musliar, untuk mengantisipasi ada calon mahasiswa yang mendaftar dobel. “Bisa jadi ada yang ikut jalur undangan dan jalur ujian tulis. Harus memilih salah satunya,” pungkasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s